Berkarya Secara Total

Thur-FinalisTotal merupakan salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia, yang beroperasi di lebih 130 negara. Total memiliki sekitar 100.307 karyawan yang menempatkan keahlian mereka untuk bekerja di berbagai sektor industri seperti eksplorasi dan produksi minyak dan gas alam, penyulingan dan pemasaran, gas dan energi alternatif, perdagangan dan industri kimia.

Di Indonesia sendiri TOTAL berperan di sektor hulu dan hilir. Satu diantaranya, TOTAL E&P INDONESIE (TEPI). TEPI hadir di Kalimantan Timur menjadi operator untuk Blok Mahakam pada sektor hulu untuk melakukan eksplorasi dan produksi sejak tahun 1968, dengan 3.776 karyawan dengan komposisinya 3.679 orang karyawan nasional, 97 orang ekspat serta 124 orang penugasan internasional. TEPI merupakan produsen gas terbesar di Indonesia sejak tahun 2000 dan saat ini berkontribusi sebesar 80% dari keseluruhan pasokan kilang LNG Bontang.

Dari fakta-fakta tersebut, kehadiran TOTAL di Indonesia, telah mengambil peranan penting untuk mendukung pendapatan negara dan daerah, membuka lapangan kerja,   serta berpartisipasi dan berkarya membangun masyarakat melalui program-program CSR serta ajakan untuk hemat energi secara total.

Berkarya mendorong hemat energi secara TOTAL

Isu hemat energi tidak akan pernah habis dibicarakan, menghiasi media massa dan elektronik sepanjang masa, menjadi topik-topik penting pada seminar-seminar kampus, seminar-seminar yang dilaksanakan oleh institusi yang relevan, karena faktanya memang energi fosil semakin menipis. Sementara energi terbarukan belum banyak yang serius  memulainya, entah apa alasannya.

Dalam gerakan hemat energi, harus ada langkah yang mendorong hemat energi, tidak sebatas slogan dan jargon. Di negeri kita ini banyak yang menyuarakan, tetapi tidak melakukan. Bagaimana dengan TEPI?TEPI sebagai produsen minyak bumi dan gas, tidak serta merta mendorong industri dan masyarakat menggunakannya minyak bumi secara jor-joran. Tetapi, TEPI sekarang makin giat mengkampanyekan serta mensosialisasikan tentang penggunaan  energi yang lebih hemat, aman digunakan, serta ramah lingkungan. Upaya tersebut karena TEPI sangat jelas mendukung pembangunan berkelanjutan. Disamping itu TEPI sudah menggiatkan eksplorasi dan produksi gas, ini bisa dijadikan sebagai energi alternatif pengganti minyak bumi.

Dalam pelaksanaannya, TEPI ikut melakukan efisiensi penggunaan energi minyak bumi dan menggunakan energi alternatif lainnya dalam proses eksplorasi dan produksi. Bahkan sebagai wujud CSR TEPI, TEPI mulai mengajak dan memberdayakan masyarakat melalui Solar Home System (SHS). Program pengadaan SHS dilakukan dengan memberdayakan potensi ekonomi masyarakat melalui pembentukan koperasi Serba Usaha “Surya Patuan” di Desa Muara Pantuan, Kec. Anggana.

Disamping itu, juga mulai menerapkan energi alternatif, dengan instalasi biogas dengan fixed dome digester. Program tersebut bisa ditemukan Telurahan Teluk Pamedas, Kecamatan Pamodas. Masyarakat desa mulai mengolah limbah peternakan menjadi sumber alternatif yang murah dan terbarukan.

TEPI saat ini juga mulai melirik media online, dengan menggandeng Bisnis.com yang ada dibawah naungan BIG Group, yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya,  untuk membangun opini publik dan mengkampanyekan pentingnya mendorong Hemat Energi secara TOTAL. Peran media tersebut memang sangat besar untuk membangun opini publik dan membentuk kesadaran masyarakat. Untuk itu ajakan Hemat Energi secara TOTAL melalui media online adalah pilihan yang tepat dan bijaksana.

 

Berkarya menjalankan CSR secara TOTAL

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan tanggung jawab sosial dari sebuah perusahaan kepada masyarakat disekitarnya. Secara Yuridis, hal ini telah diatur dalam sebuah Undang-Undang (UU) yaitu UU no.40 tahun 2007 pasal 74 ayat (1) Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Untuk mewujudkannya, TEPI terlibat membuat berbagai program, pertama : Pendidikan, penelitian dan pengembangan kapasitas. Aplikasi dari program ini seperti membangun dan memperbaiki fasilitas sekolah, karena dengan perbaikan infrastruktur tersebut merupakan salah satu langkah nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Upaya peningkatan kualitas guru dengan metode pengajaran aktif, karena dapat melibatkan siswa dalam eksplorasi dan pendalaman materi pengajaran. Serta pemberian beasiswa bagi para pelajar.

Kedua : Kesehatan dan nutrisi. Dalam hal ini, perusahaan mendukung konservasi tanaman obat Kalimantan, karena ini dianggap sebagai usaha melestarikan kearifan lokal dalam pengobatan tradisional. Kemudian, memberikan kecakapan SDM bagi berbagai instansi dan elemen masyarakat dalam peningkatan tanggap darurat. Peningkatan akses dan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta dukungan pemulihan bagi para korban bencana.

Ketiga : Pemberdayaan ekonomi. Program ini dilakukan melalui pengembangan perkebunan dan pertanian, dengan pengembangan kedua hal tersebut, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat secara mandiri. Melakukan peningkatan kualitas produk dengan tujuan untuk menciptakan diversifikasi produk dan nilai tambah lebih pada produk pertanian sebelum dijual ke pasar. Dalam hal ini, untuk meningkatkan sumber daya manusianya, diberikan berbagai pelatihan dan studi banding. Bagi kalangan pemuda diberikan pelatihan karena pemuda dianggap sebagai potensi lokal yang harus dibina dan dikembangkan terus menerus, karena merupakan salah satu sumber kekuatan ekonomi dalam masyarakat tersebut.

Keempat : Lingkungan dan energi alternatif. TEPI melakukan penyelamatan kawasan Delta Mahakam dan ekosistem lingkungan sebagai bagian dari rehabilitasi Delta Mahakam. Misalnya dengan mencangkan gerakan “Satu juta Mangrove” per tahun. Disamping itu ada juga program pelatihan ramah lingkungan dan percontohan tambak kepiting. Mengembangkan energi sinar matahari dan biodisel sebagai energi alternatif.

Dari program-program CSR TEPI, setidaknya ada empat program yang sempat dikunjungi oleh para finalis Writing Contest Bisnis Indonesia. Seperti, Peningkatan Sarana Air Bersih Berbasis Masyarakat yang dikelola Yayasan Pembangunan Masyarakat Sanipah (YAPENMAS). Instalasi Biogas dengan Fixed Dome Digester. Pengembangan Demplot Pepaya. Serta Peningkatan kualitas produksi melalui pendampingan bimbingan teknis (pelatihan, lokakarya, seminar).

Ada banyak pengalaman yang diperoleh para finalis Writing Contest Bisnis Indonesia di lapangan. Pengalaman yang sangat berharga yang tidak bisa dibeli dengan uang. Setidaknya dari hasil kunjungan tersebut, membuka paradigma baru,  jika CSR dilaksanakan dengan baik dan tepat, maka hasilnya sangat luar biasa. Selama ini, saya sering melihat program-program CSR oleh perusahaan banyak yang kurang berhasil, mungkin karena tidak bisa membedakan  mana yang disebut CSR, Donasi dan Sponsorship.

Dari pemaparan CSR Program oleh SDS sehari sebelumnya, sangat membantu para finalis Writing Contest Bisnis Indonesia mengenali prinsip dasar dari CSR. Membantu masyarakat dengan memberikan barang sesuai yang dibutuhkan (bukan uang), pemberian barang tersebut harus bersifat kepentingan komunal, serta berkelanjutan (sustainability).

Ketiga prinsip diatas (teorinya), ternyata bisa dibuktikan dilapangan oleh para finalis Writing Contest Bisnis Indonesia. TEPI memang menjalankan ketiga prinsipdalam pelaksanaan programnya. Bisa disaksikan di masyarakat Kelurahan Sanipah, Kecamatan Kamboja. Pemberian bantuan dengan memberikan prasarana yang berupa barang (peralatan sarana air bersih yang lengkap), untuk kepentingan komunal serta bisa dimanfaatkan berdasarkan prinsip keberlanjutan. Keunggulan program CSR ini adalah ketika TEPI memberdayakan (empowering) masyarakat dalam pembuatannya dan keberlanjutannya, maka masyarakatnya merasa memiliki akan fasilitas tersebut sehingga mereka merawatnya dengan baik. Disamping itu, TEPI juga ikut mendukung kearifan lokal (local genius) di masyarakat tersebut dengan mengerjakan program tersebut dengan gotong-royong. Dimana gotong royong tersebut adalah kearifan lokal yang mulai ditinggalkan diberbagai daerah, tetapi dikelurahan tersebut masih bisa terlihat.

Selain aspek sosial dan budaya yang tetap dilestarikan di Kelurahan Sanipah,  dari aspek ekonomi pun mereka bisa merasakan manfaat yang luar biasa, wujud terimakasih dari hati yang paling dalam mereka ucapan kepada TEPI. Bagaimana tidak? Masyarakatnya tahu dan sadar kondisi mereka sebelumnya yang merasakan kelangkaan dan mahalnya air bersih yang harus dibeli, sekarang mereka bisa menikmatinya setiap hari.

Berikutnya, program CSR TEPI lainnya adalah Kelompok Tani Bina Bersama (yang diketuai Bapak Asnawi) di Kelurahan Handil Baru. Keberhasilannya juga luar biasa. Ketika menerima demplot pepaya  tahap pertama di bulan september 2012, dengan luas areal ½ ha. Sekarang tahun 2015 telah mengerjakan demplot pepaya di areal 3ha, dengan hasil panen 1 ton pepaya setiap minggunya. Peran TEPI dalam kemajuan program demplot pepaya ini bukan hanya di awal saja, tapi proses pendampingan dan memberikan tempat pasokan buah pepaya tersebut di perusahaan jasa katering yang melayani perusahaan besar TEPI dan KKKS lain sekitarnya serta perusahaan tambang lainnya.

Satu lagi program CSR TEPI yang sangat menarik adalah Koperasi Serba Usaha (KSU) Bina Bersama PKK. Dengan bantuan 50 juta diawal, pada tahun 2005, dalam bentuk barang, telah berhasil mengembangkan omsetnya hingga 300 juta di tahun 2015. Seiring dengan kemajuan usaha tersebut KSU Bina Bersama PKK, beberapa kali telah mengikuti pameran untuk tingkat kecamatan hingga tingkat propinsi. Disamping itu, kebahagian yang tidak bisa dibendung adalah ketika mendapat penghargaan UMKM dari koran Sindo jakarta di tahun 2015.

Pada akhirnya, saya menyimpulkan, bahwa TOTAL E&P Indonesia lebih kurang 45 tahun telah banyak berkarya bagi bangsa, berkarya mendorong hemat energi, serta berkarya bagi masyarakat melalui program-program CSR nya.

*) Tulisan pada event Final Writing Contest, Kalimantan Timur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s