Dari tanganmu, ada harapan bagi sesama

PMI

“Ting-tong” demikian bunyi bel dari ruang ICU tempat papaku dirawat. Membuat jantungku makin berdetak kencang. Pikiran mulai tak karuan, entah apalah yang terjadi dengan papaku di dalam ruangan itu. Hati gundah gulana menantikan informasi dari dalam ruangan ICU. Tidak lama kemudian, bunyi tersebut diikuti dengan panggilan “Kepada keluarga Bapak Simanjuntak, diharap masuk ke ruangan ICU”. Panggilan tersebut, membuat suasana makin hening dan ada nuansa ketakutan kehilangan papa yang kami cintai.

Saya melangkah, dengan kaki dan tangan mulai gemetar menuju ruang ICU. Saya datangi seorang petugas bertanya tentang tujuan pemanggilan tersebut. Saya juga tidak lupa menanyakan keadaan papaku. Mereka menjawab bahwa keadaan papaku belum banyak perubahan dan belum sadar. Berikutnya petugas tersebut menyampaikan bahwa papaku sedang membutuhkan dua kantong darah. Singkat cerita, ternyata rumah sakit tersebut masih memiliki cadangan darah dari PMI yang sesuai dengan darah papaku.

Setelah peristiwa itu, saya mulai berpikir bahwa peran Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut begitu mulia. Mereka hadir disaat pasien membutuhkan darah. Mereka mengulurkan tangan menolong keluarga yang sedang dirundung kepanikan ketika pihak rumah sakit (medis) menyarankan untuk mencari darah. Mungkin hari ini, saat ini, ratusan bahkan ribuan orang sedang mengalami hal yang sama. Seperti pengalaman keluarga kami yang sedang membutuhkan darah. Mereka saat ini sedang membutuhkan pertolongan kita. Bisa dibayangkan jikalau cadangan kantong darah tidak tersedia. Darah anggota keluarga dan kerabatpun tidak ada yang cocok saat itu. Pasti suasananya berbeda dan menyakitkan.

Sudah selayaknya masyarakat luas makin sadar dan peduli dalam mendukung misi dari PMI tersebut. Mendukung berbagai kegiatan sosial yang dilakukan. Seperti penyelenggaraan donor darah atau kegiatan-kegiatan lainnya. Dukungan ini adalah sebagai bukti cinta kepada sesama. Kegiatan yang dapat membahagiakan orang lain, tetapi akan membahagiakan diri sendiri juga karena dapat bermanfaat bagi orang lain. Inilah salah satu esensi hidup yang tidak bisa kita abaikan. Semua ajaran agama di muka bumi ini menyatakan bahwa indahnya berbagi. Bahkan Tuhanpun akan bahagia melihat ketulusan hatimu untuk mencintai sesama.

Perlu diketahui juga, bahwa program PMI ternyata bukan hanya berurusan dengan donor darah saja. Tetapi ada juga dalam bentuk bantuan dapur umum di lapangan saat terjadi bencana, pelayanan kesehatan, pelayanan ambulans. Disamping itu PMI juga memberikan pelayanan dukungan psikososial bagi korban terdampak bencana, pelayanan pemulihan hubungan keluarga, pembinaan generasi muda dan relawan, pengolahan air bersih, dan sosialisasi atau diseminasi kepalangmerahan. Tentu ini membutuhkan dukungan dana yang besar.

Dalam program “Bulan Dana PMI” 2015/2016 Palang Merah Indonesia mengajak “Ayo peduli bantu sesama” dengan cara mendonasikan dana kita, sehingga semakin banyak masyarakat yang membutuhkan bisa terbantu. Untuk donasi tersebut disalurkan melalui bank-bank berikut :
• Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomo Rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKIJAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
• Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
• Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

Kita berharap melalui program dan kegiatan ini, masyarakat kita semakin peduli dengan orang lain dan tidak hanya memikirkan diri sendiri saja. Ini juga adalah salah satu wujud dukungan kita terhadap program revolusi mental yang dicanangkan oleh pemerintah. Keberhasilan revolusi mental bukan karena kemampuan kita mengetahui konsepnya. Tetapi ketika kita menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Akhir kata, lebih baik memberi daripada menerima.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s