B(era)NI Bertanya, B(era)NI Maju!

BNI-1Ini kisah 16 tahun yang lalu. Ketika saya masih kuliah. Waktu saya dipercaya oleh seorang dosen saya dikampus untuk menjadi asisten dosen di sebuah perguruan tinggi swasta di Medan. Sebagai mahasiswa, tentu bangga bisa menjadi asisten dosen. Dari sekian ratus mahasiswa, memang sangat jarang yang mendapatkan kesempatan seperti ini.

Hari pertama untuk mengajar di kampus tersebut pun tiba. Saya berpakaian rapi layaknya seorang dosen. Tidak lupa membawa buku dan materi yang akan saya sampaikan pada pertemuan perdana. Kemudian saya melangkah dari rumah, mencari angkutan menuju kampus tersebut. Maklum, waktu mahasiswa masih belum punya kendaraan. Jadi harus naik angkutan umum.

Selama diperjalanan saya mulai berpikir, bahwa ini merupakan pengalaman berharga bagiku. Saya akan memberikan yang terbaik. Inilah janjiku dalam hati, sambil sesekali menyeka telapak tanganku yang mulai mengucurkan keringat. Disamping karena panas, mungkin karena grogi. Hehe….

Sesudah tiba di kampus, saya mulai berlagak pede. Ya…. asisten dosen, gitu loh! Kampusnya memang tidak ramai seperti di kampus utama, jadi tidak terlalu banyak orang yang bisa ditanya. Setelah memandangi kampusnya, saya mencoba mencari bagian informasi. Tentu mau menanyakan ruangan kuliah tempat saya mengajar. Setelah bagian informasi menunjukkan arah ruangan kuliah, saya langsung bergegas menuju ruangan kuliah tersebut. Kemudian saya masuk ke ruangan yang disampaikan oleh pihak informasi. Entah informasinya yang salah, atau saya yang kurang menyimak, saya ternyata salah masuk ruangan.

Kalau salah masuk ruangan sih, tidak masalah bagiku. Masalahnya, kenapa saya memperkenalkan diri di ruangan kuliah tersebut. Padahal saya belum bertanya atau mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada mahasiswa-mahasiswi yang ada di dalam ruangan tersebut. Alhasil, setelah selesai memperkenalkan diri mahasiswa-mahasiswinya bilang “Maaf pak, ruangan kuliah Bapak ada di sebelah”. Gubrakkk, rasanya mau cepat-cepat meninggalkan kampus tersebut. Beginilah jadinya kalau tidak bertanya lebih dulu.

***

Mungkin anda juga punya pengalaman yang memalukan seperti pengalaman saya karena kurang bertanya. Semoga saja tidak. Atau, tidak akan pernah terjadi sama sekali.
Ini eranya berani bertanya, berani maju. Kalau tidak mau bertanya ya tidak bakalan maju. Kenapa? Karena dengan bertanya, maka informasi yang kita peroleh semakin luas, semakin dalam dan semakin kuat untuk dipertanggungjawabkan. Jadi tidak perlu ada anggapan di benak kita, kalau bertanya atau keseringan bertanya maka akan di cap orang bodoh, atau orang yang tidak tahu apa-apa.

Tapi ingat, bertanyalah kepada orang atau pihak yang tepat, biar tidak terjadi penyesatan informasi. Misalnya, kalau mau bertanya tentang Bank Negara Indonesia (BNI), BNI ternyata telah menyediakan fitur di TWITTER dengan hashtag #AskBNI, yang memungkinkan kamu mendapatkan informasi lengkap.

BNI-2

Adapun Cara menggunakan BNI Twitter #Hashtag : #AskBNI adalah

1. Follow Twitter @BNI46

2. Untuk info penggunaan, kirim Direct Message ke Twitter @BNI46 ketik #AskBNI. Akan ada reply via DM informasi cara penggunaannya.

3. Cara Penggunaan : (Kirim Direct Message) #Promo (spasi) #[Keyword] coontoh:

a. #Promo #Hotel

b. #Promo #Travel

c. #Promo #eCommerce

Untuk mengetahui semua Keyword Promo kirim DM, ketik: #HelpPromo

#AskBNI (spasi) #[Keyword] contoh:

a. #AskBNI #Taplus

b. #AskBNI #TaplusBisnis

c. #AskBNI #DebitCard

Untuk mengetahui semua Keyword #AskBNI kirim DM, ketik: #HelpBNI

Simpel bukan? Pasti jawabnya simple. Sekarang kan sudah eranya digital. Kita-kita juga sudah pada melek digital. Jadi bertanya pun lebih mudah. Tidak perlu datang ke kantor BNI, cukup manfaatkan gadget yang kita miliki. Ingat! B(era)NI Bertanya, B(era)NI Maju!

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s