My Dream Come True …

Warung Blogger

Hai rekan-rekan blogger …. jika ditanya, pengalaman apa yang membuatmu paling berkesaan dan bahagia saat ngeblog?

Untuk pertanyaan itu, saya pernah mengadakan survei kecil-kecilan ke rekan-rekan blogger. Ada yang menjawab begini, “senang-senang  aja karena bisa menuangkan uneg-uneg dan ide dalam tulisan di blog pribadiku”. Ada juga yang menjawab, “Karena ngeblog saya punya banyak teman”. Tetapi yang tidak kalah berkesan lagi, ada blogger lainnya yang menjawab “Bisa jalan-jalan ke berbagai daerah hingga ke luar negeri”. Hingga pada jawaban bahwa “Bahagia karena tulisannya bisa jadi juara blog competition”.

Maaf, bukan dalam rangka menyombongkan diri ya! Hehe….

Kalau saya pribadi, sudah mengalami sebagian dari jawaban rekan-rekan blogger yang di atas. Sehingga saya bisa berkata “bahagianya menjadi seorang blogger”. Dari ngeblog banyak yang sudah saya peroleh. Sependapat dengan perkataan orang-orang sukses, setiap usaha tidak akan pernah sia-sia. Atau, mungkinkah kesuksesan akan menghianati setiap usaha yang kita lakukan? Kini kerja keras dan usaha selama ngeblog terbayar sudah.

Karena ngeblog, uneg-uneg dan ide-ide yang bersarang di kepala selama ini, satu persatu telah berubah menjadi tulisan. Apa yang pernah saya alami, pelajari, dan baca, akhirnya bisa ditularkan ke orang lain, syukur-syukur bisa menginspirasi. Apalagi dari tulisan tersebut tidak pernah menduga, ada yang telah menjadi buku, walaupun masih berupa antologi.

Karena ngeblog, saya memiliki banyak teman. Sebab orangtuaku sejak dulu selalu selalu berpesan “perbanyak teman ya nak!” jangan pernah menambah musuh. Sebab kata pepatah, “satu musuh terlalu banyak, seribu teman terlalu sedikit”. Untuk itu, saya akan selalu menambah teman, termasuk dari blogger.

Karena ngeblog, saya akhirnya terbiasa menulis. Sehingga berkali-kali berani mengikuti kompetisi. Saya pun lebih percaya diri dan dengan mudah mengeluarkan ide-ide. Walaupun disana-sini masih terdapat kekurangan dan kelemahan. Tetapi setidaknya setiap waktu selalu ada progress.

Menariknya, dari berkali-kali lomba menulis dan blog yang saya ikuti ternyata tidak sedikit yang terpilih menjadi pemenang. Asik kan? Memang lomba bagi saya bukan tujuan, tapi salah satu cara untuk melatih diri untuk konsisten serta mengukur diri melalui penilaian juri.

Salah satu dari lomba tersebut telah mengantarkanku berkunjung ke daerah operasional TOTAL di Balikpapan (Kalimantan Timur) pertengahan tahun 2015. Pengalaman yang tidak bisa dibeli.

Total.jpg
Dokumen pribadi

Singkat ceritanya, kebetulan waktu itu saya mengikuti lomba menulis yang bertema “Hemat Energi”, saya pun tidak terlalu memahami tentang energi, tapi saya mencoba melihat dari sisi yang berbeda, yakni konsumen. Alhasil, saya terpilih menjadi salah seorang pemenang (top ten). Writing contest tersebut tidak tanggung-tanggung, melibatkan tiga penyelenggara yakni Bisnis Indonesia, TOTAL, dan SKK Migas.

Sebelumnya saya gak pernah berpikir untuk menginjakkan kaki hingga Kalimantan. Tetapi Karena sudah terbiasa ngeblog atau menulis, maka saya pun bisa ikut mendapat kesempatan tersebut.

Hingga sekarang, ada satu yang belum pernah saya rasakan dari hasil ngeblog, alias masih memimpikannya. Karena ngeblog saya bisa berangkat ke luar negeri. Ya….berharap suatu waktu akan kesampaian. Itu keyakinanku! My dream will come true.

Itulah salah satu best momen saya. Disamping itu, best momen yang tidak mungkin saya lupakan hasil ngeblog, alias sangat berkesan adalah peristiwa tahun lalu.

Bambang.jpg
Dokumen Pribadi

Waktu itu mendapat sebuah kesempatan untuk mendengarkan visi misi dari seorang menteri di Kabinet Kerja Jokowi, Menteri PPN/Bappenas (Pak Bambang). Setelah mendengarkan pemaparan beliau, kami para blogger di minta untuk membuat review dari pemaparan tersebut di blog masing-masing.

Pada waktu itu, saya tidak berharap banyak, disamping Karena banyaknya peserta, ternyata banyak juga yang sudah senior dan melanglang buana. Tetapi kesuksesan masih berpihak kepada saya, yakni menjadi pemenang pertama di blog competition tersebut. Bahagianya tak terkatakan. Kenangan itu tetap melekat dalam benak, hingga sekarang menjadi motivasi bagiku untuk terus berkarya melalui blog.

Inilah sepenggal pengalamanku, semoga bermanfaat. Mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan. Salam WB!

*****

“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog ulang tahun ke-6 tahun Warung Blogger

UltahWB6th
Dokumen Warung Blogger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s