Semua Karena Facebook

images

Sumber : neurogadget.net

“Asik, Saya akhirnya dapat job syuting”. Begitulah seruan kegiranganku.

Saya tidak bisa bayangkan keseruan syuting yang akan saya jalani akhir bulan ini. Ini adalah pengalaman pertamaku mengikuti syuting dari sebuah produk ternama di negeri ini. Semua bermula dengan mengikuti lomba menulis sekitar dua bulan lalu di sebuah media sosial yakni fanpage facebook perusahaan tersebut.

Adapun tema tulisan lomba tersebut yakni tentang sosok pahlawan sejati dalam hidupku, tepatnya kisah guruku ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Tentang bagaimana perannya dalam mendidik kami murid-muridnya dengan hati hingga bisa membaca, menulis dan berhitung.

received_1382619511859436-1

Dokumen pribadi

Saya sangat bersyukur bahwa dari lebih 600 tulisan yang masuk, akhirnya tulisanku terpilih menjadi pemenang utama. Dan tulisan tersebut pun ternyata akan diangkat menjadi iklan layanan masyarakat.

Inilah salah satu manfaat media sosial yang pernah saya rasakan. Saya tidak bisa bayangkan jikalau saya tidak pernah belajar facebook dan membuat akun facebook, atau tidak membuka diri dengan perubahan di era digital ini. Tentu banyak kesempatan-kesempatan yang akan terlewatkan.

Pengalaman yang saya ceritakan di atas adalah salah satu keuntungan ketika memanfaatkan media sosial. Sebenarnya masih banyak manfaat lain yang saya dapatkan melalui media sosial tersebut.

Hanya sebagai seorang blogger, tentu manfaat utama media sosial tersebut adalah untuk menyebarluaskan tulisan-tulisan yang ada di blog pribadi dengan cepat, sehingga banyak orang yang bisa membaca dan menikmatinya.

Disamping itu, dengan media sosial sangat membantu untuk membuat “branding” diri sebagai blogger dan penulis. Hingga mencari dan menemukan berbagai informasi event liputan dari sesama blogger.

Jadi, amat disayangkan jikalau orang hanya memanfaatkan berbagai media sosial untuk menyebar berita bohong (hoax), informasi negatif serta melakukan berbagai aktivitas di media sosial yang kurang bermanfaat.

Untuk itu sebagai pengguna media sosial, tentukanlah flatform media sosial yang sesuai dengan minat dan yang bisa mendukungmu. Ikutilah fanpage atau group yang sesuai kebutuhanmu. Bertemanlah dengan orang-orang yang menumbuhkan energi positif. Dengan demikian aktivitas media sosialmu bisa bermanfaat dan justru dapat mengembangkan diri.

Memang di era internet dan digital ini, suatu yang tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang dengan begitu mudahnya memanfaatkan media sosial, tetapi begitu mudahnya merusak menghancurkan seseorang. Media sosial tidak salah. Terkadang kita sendiri yang tidak bijak memanfaatkannya. Ibarat pisau diciptakan untuk hal-hal yang baik, tetapi tetap ada juga yang memanfaatkannya untuk melukai orang lain.

Akhirnya, mari kita manfaatkan media sosial dengan baik, benar dan untuk hal-hal yang penting. Dan, gunakanlah media sosial tersebut dengan sehat.

Advertisements

2 thoughts on “Semua Karena Facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s