2X Lebih …..

Pernah menghadapi permasalahan dengan sepeda motor? Kalau saya pernah. Biasanya kalau sudah ngalamin hal begitu, saya langsung bingung dan panik.

Saya termasuk orang yang kurang paham tentang urusan pernak-pernik sepeda motor, termasuk perawatannya. Tahunya hanya menggunakan saja. Kadang-kadang kalau sudah mogok di tengah jalan berharap ada bengkel terdekat. Kenyataannya tidak, terkadang harus mendorong motor dulu berkilo-kilo meter baru ketemu. Padahal terkadang masalahnya sepele saja.

Salah satu pengalaman saya ketika harus berurusan dengan oli motor. Tanpa berpikir panjang, saya pernah beli oli dipinggir jalan. Ternyata tidak lama kemudian motornya ada masalah. Ketika saya ke bengkel yang lain, baru tahu kalau oli yang saya gunakan kurang sesuai dengan motor.

Dari pengalaman tersebut, secara perlahan saya mulai belajar. Salah satu yang tidak lupa saya pelajari adalah tentang seputar oli. Kita harus memastikan oli yang kita beli tersebut oli terbaik asli dan sesuai dengan kebutuhan motor kita. Jadi saya berpikir ternyata motor itu ada persamaannya dengan manusia. Kita gak boleh salah kasih kebutuhannya, kalau salah ngasih tentu ada resiko yang harus ditanggung.

Oli-Federal-Matic-Spesialis-Dingin
Sumber : http://www.kompasiana.com/nuzulul/oli-federal-pelumas-pilihan-spesial-keluarga-saya_55e9c0c1b59373ee118f926d

Misalnya untuk sepeda motor manual dengan yang otomatis (matic/scootic) tentu berbeda. Khusus yang otomatis (matic/scootic) ada oli motor matic special loh! Mau tahu namanya? Federal matic spesialis dingin.

Adapun keunggulan pelumas tersebut yakni untuk memperlancar perpindahan gigi transmisi yang bekerja secara otomatis. Diharapkan juga pelumas tersebut mampu memberikan perlindungan yang optimal terhadap keausan pada komponen berbahan dasar logam dari mesin motor tersebut.

Mengapa mampu memberikan perlindungan yang optimal ya? Tentunya karena federal matic oil terdapat Heat Protection Formula yang dapat menjaga suhu mesin agar tetap dingin, ini khususnya untuk Federal Matic dengan spesifikasi fedse 30 dan 40.

Adapun perbedaan yang paling mendasar dari keduanya adalah viskositasnya. Federal Matic fedse 30 terdapat SAE 10W-30 API SL JASO MB. Spesifikasi yang demikian dikhususkan untuk motor-motor yang memiliki pelumas spesifikasi 10W-30. Seperti untuk motor-motor matic PCX, Vario, Scoopy, Spacy dan Beat.

Sementara untuk Federal Matic fedse 40, dengan SAE 10W-30 API SL JASO MB dikhususkan untuk motor-motor yang memiliki pelumas spesifikasi 10W-40 matic seperti Piaggio dan buatan Yamaha.

Untuk melihat kualitas dari sebuah oli, sebenarnya mudah. Kita bisa memerhatikan dari tingkat viskositasnya (kekentalan). Ingat bahwa oli sangat dipengaruhi oleh temperatur. Pelumas akan menjadi lebih encer pada saat temperatur tinggi dan sebaliknya. Jadi untuk menentukan kestabilan kekentalan oli terhadap perubahan temperatur dapat diukur berdasarkan Indeks Viskositas-nya.

Artinya, viskositas dari federal matic spesialis dingin tentunya sudah dipertimbangkan kualitasnya. Itu yang membedakan Federal Matic dengan oli jenis lainnya. Sehingga Federal matic spesialis dingin, dapat mengontrol panas, 2x Lebih Efektif, 2x Lebih Kencang, 2x Lebih Bandel. Itu pula yang akan membuat mesin motor akan memiliki akselarasi dan ketahanan mesin yang tinggi.

Nah, kalau sudah menggunakan Federal Metic, buat kamu yang sering bepergian dengan menggunakan motor seharian dan perjalanan panjang, tidak perlu kuatir. Untuk urusan oli dijamin tidak akan ada masalah. Sebab  oli motor dengan tingkat viskositas yang tepat pada motor kesayanganmu, maka otomatis nggak akan membuat mesin motormu cepat kepanasan, tidak berisik dan larinya kencang. Wuuus….

Sumber referensi tentang oli :

http://www.federaloil.co.id dan media sosial Federal Oil Indonesia

Federal Oil Spesial Blog Contest

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s