Media Digital Tanpa IDN Times, Sepi!

IMG-20180126-WA0007
Penulis sedang berselancar menikmati informasi dari media digital    (sumber gambar : Detrina Nokas)

Tidak dapat dipungkiri, bahwa kemajuan teknologi informasi dan digital telah membawa perubahan besar bagi masyarakat dunia. Bahkan perubahan tersebut pun tidak tanggung-tanggung, semakin hari semakin cepat saja terjadinya. Rasanya “belum sempat berkedip” perubahan teranyar sudah ada di depan mata.

Tentu kita sudah bisa melihat dan mengamati di lingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, semakin banyak saja orang yang melek teknologi informasi. Bukan hanya masyarakat kota, tapi masyarakat desa pun mengalami. Bukan saja dari kelompok yang berpendidikan tinggi, tapi mereka dari kelompok yang berpendidikan rendah pun tidak ketinggalan. Bahkan bukan saja dari kelompok orang dewasa, tapi anak-anak kecil pun telah menjadi bagian dari perubahan tersebut.

Bagi seorang Alvin Toffler, seorang futurolog Amerika Serikat, telah menyampaikan hal tersebut dalam bukunya “The Third Wave”. Bahwa dunia dibagi atas tiga gelombang. Gelombang pertama adalah gelombang pertanian, kemudian gelombang disusul dengan gelombang kedua adalah gelombang industri, sementara gelombang ketiga adalah gelombang informasi. Bisa dibilang zaman ini adalah bagian dari gelombang ketiga tersebut, yakni gelombang informasi.

Siapa yang menguasai informasi (teknologi informasi) akan menguasai dunia. Boleh saja Anda tidak setuju dengan pendapat tersebut, tapi kenyataannya memang demikian. Misalnya, orang kaya papan atas saat ini telah banyak dikuasai oleh mereka-mereka yang terjun di dunia teknologi informasi atau yang memanfaatkannya secara maksimal.

Dengan perkembangan teknologi informasi dan digital, seperti gadget dalam genggaman maka masyarakat awam pun telah mampu melakukan banyak aktivitas melaluinya. Seperti komunikasi dan interaksi di media sosial. Mengembangkan pemasaran dan bisnis online. Memperluas jaringan dan memperbanyak komunitas sesuai dengan minat. Membuat catatan harian dan tulisan dengan blog. Dan memudahkan mencari, memperoleh dan menyebarkan informasi dalam sekejap.

IDN Times adalah salah satu media digital yang hadir sebagai jawaban atas perkembangan teknologi informasi dan digital tersebut. Dengan adanya IDN Times, maka masyarakat bisa melakukan berbagai aktivitas di dalamnya.

Salah satu aktivitas tersebut yakni menikmati menu NEWS. Menu ini berusaha menawarkan berita-berita terkini yang dikemas dengan menarik. Baik berita dari Indonesia maupun mancanegara.

Menariknya bahwa format berita yang disajikan adalah dalam bentuk listicle atau artikel dalam bentuk daftar. Gaya yang demikian dapat memenuhi selera kaum muda. Jadi bagi kaum muda yang belum pernah baca IDN Times, jangan-jangan bukan kaum muda. Sebagai yang berjiwa muda, saya pun memilih menu ini sebagai sumber suplemen berita dalam keseharian.

Screenshot_2018-02-21-17-35-42-1
Sumber : IDN Times

Selanjutnya IDN Times juga menyediakan menu HYPE. Bagi kamu yang sering “kepo” dengan topik-topik yang lagi hangat dibicarakan karena keunikannya misalnya. Nah, di IDN Times adalah tempatnya. Setidaknya media ini menyajikan topik-topik yang viral, humor, entertainment, fun fact dan throwback.

Screenshot_2018-02-21-17-36-16-1
Sumber : IDN Times

Menu yang tidak kalah menariknya bagi saya pribadi sebagai seorang suami, ayah dan guru. Maka saya pun sering berkunjung pada menu LIFE. Menu menawarkan tentang inspiration, relationship, women, family, education, dan career. Jadi bagi kamu yang memaknai hidup lebih lagi, silahkan langsung berkunjung pada IDN Times, secara khusus menu LIFE.

Screenshot_2018-02-21-17-37-52-1
Sumber : IDN Times

Kemudian, khususnya bagi kami yang ingin mengenali dirimu lebih dalam atau seputar kepribadianmu. Langsung saja ke menu QUIZ. Dengan menu ini, semoga kamu semakin mengenal dirimu, orang-orang terdekatmu, dan masih banyak lagi hal lainnya.

Nah, bagi kamu yang senang memperluas komunitas dan tertantang untuk menulis, IDN Times telah hadir dengan menu COMMUNITY. Menu ini telah diluncurkan diawal Februari 2017. Jika kamu memanfaatkan platform ini, tentu kamu memiliki banyak kesempatan. Misalnya tulisanmu akan memiliki kesempatan untuk dibaca dan dishare oleh jutaan orang. Kemudian fitur-fiturnya seperti top writer, ranking, point dan reedem point akan memacu dan memotivasimu untuk semakin antusias menulis.

Ternyata bukan hanya itu saja. Tentu masih banyak menu-menu lainnya yang bisa kamu manfaatkan sesuai kebutuhan dan kepentinganmu lho! Misalnya Business, Sport, Food, Automotive, Health, Travel, Fiction, Opinion, Tech, Men, Science hingga IDN TV.

Oh iya, satu lagi info menariknya, bahwa media IDN TIMES awal tahun ini menduduki peringkat 10 besar sebagai media digital terbesar di Indonesia. Tepatnya berada di peringkat 7.

berenga-5a857e9ff13344615853f9d2
Sumber : CNN Indonesia

Fakta tersebut disampaikan berdasarkan sebuah hasil dari sebuah perusahaan riset Amerika Serikat, comScore, yakni dalam laporannya yang bertajuk “The 10 Biggest Digital Media in Indonesia”.

Adapun yang menjadi indikator dari comScore adalah berdasarkan perolehan total unique visitor (UV) dan pageviews (PV) masing-masing media. Dengan perolehan total UV 8.908.000 dan PV 67.232.000 tersebut, maka akhirnya IDN Times layak untuk menempati peringkat 7 media digital di Indonesia.

Kita sebagai anak bangsa patut bersyukur dengan prestasi ini. Dan tentu ini bisa menjadi sebuah tolak ukur bagi kemajuan bagi media digital di negeri ini. Juga menjadi tolak ukur dari penikmat media digital untuk menentukan pilihannya.

Tentunya, pengakuan demikian adalah bukti dari kualitas IDN Times. Dengan kualitas tersebut tentu menjadi patron bagi orang-orang berselancar ke IDN Times.

Kalau begitu, yuk buruan berkunjung ke IDN Times sekarang. Nikmati semua informasi yang ada. Sebab tanpa IDN Times, rasanya sepi deh!

Selamat berselancar.
____________________

Sumber Referensi :

1. Tentang IDN Times
https://www.idntimes.com

2. Tentang Riset comScore
https://www.kompasiana.com/kompasiananews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s