Bukti Cinta Indonesia, Cintailah Produk Lokal

Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu.

~ John F. Kennedy

Ketika dibangku sekolah dulu, seringkali kalimat ini susah kupahami ketika disampaikan oleh guru. Apalagi mewujudkannya. Tapi ketika menjadi seorang guru, baru benar-benar bisa memahami apa yang pernah disampaikan oleh John F. Kennedy tersebut.

Pasalnya, guru semestinya terlebih dahulu memahami dan menerapkan apa yang hendak disampaikan kepada siswanya. Barulah itu namanya guru yang bisa menjadi model, panutan, teladan, berintegritas, dan entah apa lagi nama lainnya. Berat memang, tapi itulah tantangannya.

Ketika memulai panggilan sebagai seorang guru sejak puluhan tahun yang lalu, saya pun harus memikirkan cara yang bisa kulakukan untuk berkontribusi bagi negeri ini. Mulai dari bangga dengan Indonesia. Berbakti bagi negeri sebagai guru yang sungguh-sungguh mendidik. Dan, menularkan semangat nasionalisme kepada anak didik.

Setelah menjalani profesi ini, satu hal membuatku miris, berawal dari anak didik “zaman now” yang lebih tertarik dengan cerita luar negeri dan lebih nyaman menggunakan produk-produk asing.

Untuk itu, saya pun terpanggil untuk mengajak siswa mencoba melihat sisi-sisi keunggulan dan kelebihan bangsa kita sebagai alasan untuk bangga padanya. Sementara melihat setiap kelemahan dan kekurangannya sebagai alasan untuk belajar dan berbakti bagi negeri kita.

 

 

This slideshow requires JavaScript.

Tidak jarang saya mengajak anak-anak untuk meningkatkan rasa kebangsaan dan kebanggaannya pada negeri ini dengan hal-hal kecil yang kecil. Misalnya, mari mencintai dan membeli produk dalam negeri. Ketika sudah tidak menemukan produk buatan negeri sendiri, barulah kamu bisa memikirkan untuk beralih.

Kalau bangsa lain seperti Jepang dan Korea begitu setia dengan produk dalam negerinya, mampukah kita mengikuti jejak mereka? Bukankah negeri mereka semakin maju ketika rakyatnya membeli produk-produk buatan bangsanya sendiri? Kalau kita sendiri sedikit-sedikit membeli produk luar negeri, kapan kita maju?

Memang bukan perkara mudah menanamkan kesadaran bagi sebagian orang untuk rela membeli produk dalam negeri. Tapi, mari kita mulai dari orang-orang yang sungguh-sungguh memiliki ketulusan memajukan perekonomian rakyat dengan membeli produk hasil karya mereka. Sebab kalau bukan kita, siapa lagi yang akan mendukung mereka? Toh produk dalam negeri banyak kog yang berkualitas dan menjadi produk unggulan. Bahkan banyak juga dari produk-produk tersebut yang diminati hingga mancanegara.

Qlapa Rumahnya Produk Handmade Indonesia

Sesungguhnya “mudahnya menemukan produk handmade unik di Indonesia lewat Qlapa.” tinggal kunjungi saja situs qlapa.com maka kamu pun akan merasakan kekayaan budaya dan karya anak bangsa. Jadi tidak alasan lagi untuk berkata susahnya mencari produk dalam negeri. Qlapa sendiri merupakan pusatnya produk handmade pilihan yang terkurasi.

Screenshot_2018-03-10-21-25-02-1
Screenshoot dari http://www.qlapa.com

Sebenarnya, mengapa kita memilih Qlapa? Setidaknya ada beberapa alasannya. Pertama, produknya unik dan eksklusif bahkan dibuat secara manual satu persatu. Kedua, kita telah turut serta mendukung produk Indonesia. Bahkan sebenarnya kita sedang membelinya langsung dari pengrajinnya. Ketiga, transaksi aman dan mudah. Apabila barang rusak/batal, di Qlapa ada jaminan kembali loh!

Menariknya, Qlapa merupakan tempat menemukan produk-produk bernilai untuk berbagai hal: seperti hadiah, koleksi, dan lifestyle.

Jadi bagi anda yang ingin memberikan hadiah ulang tahun, pernikahan dan bahkan yang lainnya untuk teman dan sejawat, sesungguhnya tidak perlu repot-repot lagi. Tinggal kamu buka dan pesan saja melalui situs tersebut.

Tidak perlu kuatir, disana ada beraneka ragam item yang bisa kami jajali. Mulai dari keperluan wanita yakni pakaian, alat bawa seperti tas, aksesoris dan alas kaki. Kemudian kita juga bisa menemukan keperluan pria, anak, rumah dan dekorasi, gadget dan peralatan, kuliner, perawatan dan kecantikan, serta perayaan dan hadiah.

Bukan itu saja. Bagi pengunjung yang senang dengan koleksi dan life style, tidak perlu kuatir. Produknya cukup ramai dan menarik. Tidak kalah dengan produk-produk asing, unik dan kaya akan kreativitas.

Screenshot_2018-03-10-21-49-42-1
Screenshoot dari http://www.qlapa.com

Sementara untuk membantu dan memudahkan pengunjung, maka situs ini pun telah dilengkapi dengan “Pilihan Populer Minggu Ini” dan juga ada pilihan dari editor. Atau untuk lebih praktisnya, maka kamu pun bisa download plikasi Qlapa melalui playstore di android kamu.

Nah, buktikan sekarang juga kalau kamu cinta Indonesia dengan cara cinta produk lokal.

#CintaProdukLokal

____________________

Sumber Referensi dan gambar : qlapa.com

9 comments

  1. Memang belum banyak yang tau soal Qlapa dan apa yang mereka lakukan. Dan saya cukup senang membaca tulisan bagus seperti ini yang mengenalkan Qlapa sebagai toko jual beli yang berfokus pada penjualan produk-produk handmade lokal Indonesia. Yang artinya, ketika kamu menulis ini dan menyebarkannya pada dunia, kamu turut serta menyebarkan semangat #CintaProdukLokal dan itu yang sangat saya sukai.

    Nah, kalau boleh saya tambahkan, Qlapa itu lebih dari sekedar platform jual beli online. Mereka menyediakan produk handmade sekaligus menawarkan kemudahan. Para pembeli tidak perlu melakukan pemesanan yang sebegitu rumitnya untuk membeli produk di Qlapa, dan begitu juga sebaliknya, para pengusaha dan pengrajin yang mau berjualan bersama Qlapa juga diberikan kemudahan untuk mempromosikan produknya di Qlapa.

    Sesuai dengan tagline-nya, Mudahnya menemukan handmade unik khas Indonesia di Qlapa setidaknya terbukti. Disamping kemudahan yang diberikan, dengan bertransaksi di Qlapa kita juga turut meningkatkan usaha Eknonomi Kreatif Indonesia yang sedang menggeliat. Dengan kita membeli produk di Qlapa, kita menyemangati pengrajin lokal untuk tetap semangat berkarya.

    Dengan begitu, semangat #CintaProdukLokal bisa berjaya lagi, dan kita tidak perlu lagi berbelanja produk handmade-handmade mahal buatan luar negeri, karena di Qlapa, kita bisa beli dan memiliki handmade unik khas Indonesia yang belum tentu ada di tempat lain dengan harga terjangkau.

    Semoga makin banyak orang Indonesia yang #CintaProdukLokal dan Qlapa adalah salah satu platform yang tepat untuk membuktikannya.

    Btw, saya juga lagi ikutan lomba blog yang sama nih. Minta kunjungan baliknya ya ke bit . ly/Qlapa (sengaja saya pisahkan agar tidak tersaring filter spam). Semoga beruntung dengan lomba blognya ya. Gue harap salah satu hadiah-hadiah yang ketjeh itu mendarat di depan rumah kita dengan mulus. Amin

    maaf ya kalau komennya kepanjangan, hihi.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s