Bangga Batik, Bangga Indonesia

20180806_175545-1
Dokumentasi Pribadi

Siapa yang tidak bahagia jika mendapat kesempatan yang terbaik dalam hidupnya? Aku yakin semua pasti menginginkannya.

Begitu pula dengan pengalamanku.

Ketika terpilih menjadi finalis lomba menulis artikel ilmiah yang diselenggarakan oleh Kementeriaan Pendidikan dan Kebudayaan, bahagianya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Waktu itu aku hanya mencoba memikirkan penampilan terbaik. Sebab dalam kegiatan tersebut, kami finalis akan melakukan presentasi untuk menentukan siapa yang menjadi pemenang pertama, kedua dan harapan.

Untuk itu sebelum berangkat menuju Yogjakarta bulan November 2017 lalu, aku telah menyiapkan dua helai baju batik. Aku merasa dengan menggunakan batik, maka ketika presentasi akan terlihat percaya diri dan tampak lebih profesional.

IMG_20180925_220953_819
Presentasi di depan juri Lomba Artikel Ilmiah di Yogjakarta (11/2017)

Begitu pula halnya ketika aku mendapat undangan melakukan pelatihan, pernikahan, mengajar di waktu tertentu serta kegiatan formal lainnya. Aku tidak lupa menggunakan batik. Bagiku batik lebih baik.

IMG_20180911_092227_772
Sedang mengajarkan rasa kebangsaan di depan kelas.

Aku bangga dengan batik Indonesia. Di samping karena menampilkan kesan percaya diri dan tampak lebih profesional, batik adalah salah satu budaya asli dari bangsa yang harus dilestarikan. Jadi, ketika kita menggunakan batik, sesungguhnya kita sedang menampilkan identitas bangsa serta menunjukkan rasa nasionalisme.

Kita bersyukur, dengan perjuangan panjang, dunia pun mengakui bahwa batik adalah budaya bangsa kita. Bahkan UNESCO sendiri telah mengakuinya sebagai “Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” (Warisan Kemanusiaan untuk budaya Lisan dan nonbendawi) sejak 2 Oktober 2009.

Hari itupun selalu kita kenang sebagai Hari Batik Nasional. Tentu ini sebagai wujud, kebanggaan, penghargaan dan yang terutama pengingat bagi anak bangsa agar selalu melestarikan batik tersebut. Sehingga ketika melihat batik, kita sedang melihat pesona Indonesia.

Jadi, jangan pernah berkata cinta Indonesia kalau kamu sendiri tidak menghargai budaya bangsa kita. Memiliki batik dan menggunakannya dalam kehidupan kita adalah salah satu indikator wujud cinta budaya bangsa.

Sekarang pertanyaannya, apakah kamu juga bangga dengan batik? Kira-kira kapan terakhir kali kamu menggunakan batik? Atau kalau sekarang kamu membuka lemari pakaianmu, adakah batik disana? Mungkin dengan tiga pertanyaan tersebut dapat menjadi sarana pengingat atau refleksi diri akan sikap dan penghargaan kita terhadap batik.

Bicara tentang batik, ternyata kita adalah bangsa yang kaya akan ragam budaya. Untuk mengerti keragaman jenis dan asal daerah batik, kita dapat mengetahui secara perlahan bisa bahkan dapat mempelajarinya melalui wisata.

Misalnya ketika melakukan Wisata Cirebon. Kamu dapat juga melihat keunikan dari Batik Cirebon. Begitu pula dengan batik dari daerah lainnya.

Nah, kalau kamu lagi ke Cirebon kamu dapat melihat atau membeli batik dari BT Batik Trusmi.

Screenshot_3
Store BT Batik Trusmi

BT Batik Trusmi merupakan showroom terbesar dan terluas di Indonesia dengan produk asli pengrajin batik tradisional yang mengembangkan usahanya melalui internet sebagai media pemasarannya.

Adapun misi utama dari BT Batik Trusmi tidak hanya sekadar profit oriented akan tetapi juga tanggung jawab budaya yaitu melestarikan seni batik atau kami menyebutnya sebagai cultural business mission.

Komitmen BT Batik Trusmi sendiri adalah memperhatikan selera pelanggan dengan terus menjaga kualitas produk yang bagus dengan harga yang murah tetapi tidak murahan, selalu berorientasi pada kualitas produk dan bukan harga. Sebagai bentuk realisasinya prinsip BT Batik Trusmi mempunyai 5 lapis Quality Control, dimana setiap lapis akan menginspeksi secara ketat setiap check point penting seperti: bahan, pewarnaan, simetris, dan jahitan.

Nah, bagi yang ingin tahu tentang BT Batik Trusmi, silahkan langsung saja menghubungi alamat berikut :

Screenshot_2018-09-29-11-10-15-1

Bagaimana, menarik bukan? Untuk batik keren itu, BT Batik Trusmi, BT Always Batik.

Akhir kata, selamat menyambut HARI BATIK NASIONAL (2 Oktober 2018). Bangga batik, bangga Indonesia.

____________________

Sumber Informasi :

BT Batik Trusmi – Jual Batik Cirebon Asli Pengrajin Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s