5 Manfaat Ngeblog

IMG_20180930_224744_428

Blogger atau yang dikenal juga dengan julukan narablog tentu bukan sesuatu yang asing lagi bagi kita di era digital dan internet seperti sekarang.

Blogger itu sendiri adalah orang yang aktif menuliskan pengalaman dan perjalanan hidup, gagasan yang dimiliki ataupun hal lainnya di blog. Baik itu sebagai blog berbayar maupun gratisan.

Aku sendiri baru mengenal istilah blog tersebut sejak 2005, tetapi baru mulai aktif melakoninya sepuluh tahun kemudian. Biasanya aku menggunakan blog yang disediakan oleh blogspot, wordpress maupun social blog.

Alasanku, tentu karena kedua penyedia blog tersebut telah digunakan dan dikenal oleh banyak orang. Jadi karena sudah dikenal banyak orang, kecil kemungkinan kalau platform itu akhirnya tutup. Tentu berbeda pendatang baru yang masih kurang diminati orang. Begitulah pertimbanganku.

Walau masih amatir di dunia blog, tentu aku memiliki tujuan menjadi seorang blogger. Setidaknya dapat mengembangkan diri dalam dunia tulis menulis, menginspirasi orang lain, membangun “brand image”, dan menuangkan berbagai pengalaman menarik dan gagasan-gagasan yang ada di benak agar tidak mudah dilupakan.

Sangat berbeda memang di eraku ketika masih SMA dan Kuliah. Ketika ingin menulis dan mempublikasikan karya, maka kita harus meloncati “tembok tinggi”. Artinya kita harus mengirimkan ke media cetak yang notabene tidak mudah untuk ditembus mengingat pesaingnya begitu banyak ditambah dengan banyaknya penulis yang sudah punya nama dan berpengalaman.

Nah, di era yang serba digital dan maraknya internet, ternyata anggapan bahwa tulisan sulit untuk dipublikasikan telah terpatahkan. Kehadiran blog telah membuka babakan baru, siapa pun dapat menulis dan mempublikasikan tulisannya sendiri. Mulai dari “newbie” hingga yang sudah pakar. Uniknya prosesnya jauh lebih cepat daripada media cetak mainstream atau media online yang butuh moderasi.

Bagiku pribadi, ini adalah kesempatan sekaligus tantangan. Kesempatan untuk mengembangkan diri dalam menulis, sekaligus tantangan untuk mempersiapkan diri agar dapat menghasilkan tulisan-tulisan berkualitas. Karena tanpa kualitas tulisan, maka orang tidak akan tertarik berkunjung ke blog kita. Sementara keberhasilan blog itu sendiri, jika semakin ramai dikunjungi orang dan menikmati suguhan-suguhan tulisan yang menyegarkan mereka.

Akhirnya, setelah tiga tahun bergelut sebagai blogger, ternyata banyak manfaat yang sudah aku peroleh dari ngeblog. Secara detail, berikut adalah manfaat yang saya maksudkan.

1. Ngeblog pangkal produktif

Ketika duduk di bangku sekolah, tak seorang pun guru memotivasiku menjadi penulis. Bahkan, tak ada yang membimbingku untuk menulis dengan baik.

Walau demikian, sejak SMP hingga sebelum mengenal blog, aku sebenarnya telah menulis secara otodidak, tetapi tidak terlalu produktif.

Berbeda ketika sudah mulai mengenal blog, ternyata mampu menggerakanku untuk lebih konsisten menulis. Lama kelamaan akhirnya menjadi lebih produktif menghasilkan karya.

Screenshot_2018-09-30-22-54-49-1

Wadah memang sangat menunjang bagi seorang penulis. Kehadiran blog, sudah barang tentu menjadi wadah bagi blogger untuk menuangkan pengalaman dan hal-hal yang ada dalam pikiran. Bahkan terkadang ada keasikan tersendiri untuk mengutak-atik hingga blog terlihat lebih cantik.

2. Ngeblog pangkal inspiratif

Seiring perjalanan waktu, ada saja orang yang berterimakasih untuk tulisan di blogku karena dapat menginspirasinya. Bahkan diantara mereka ada juga yang pada akhirnya tertarik untuk mengikuti jejakku ngeblog.

Bagiku sebagai seorang blogger, bahwa puncak dari keberhasilan ketika blog tersebut bermanfaat bagi orang lain. Bukan semata dinikmati sendiri.

20180630_160658

Tidak jarang aku diminta untuk mengajari orang lain membuat blog, walau saya bukan pakar, tapi setidaknya mengajari membuat blog sederhana, bisalah. Untuk urusan pengembangan blog, masing-masing dari mereka dapat melanjutkannya sesuai selera masing-masing.

3. Ngeblog pangkal kreatif

Beruntungnya sebagai blogger, ternyata kemampuan kreativitas pun akan semakin hari semakin terasah. Misalnya mulai dari cara mencari ide, membuat judul yang menarik, hingga angel pada tulisan di blog tersebut.

Banyak orang yang ngeblog. Tapi hanya segelintir yang mampu menampilkan sesuatu yang berbeda (unik). Setiap blogger yang ingin berkembang, tentu berharap menghasilkan sesuatu yang terbaik dan terunik pada blognya. Dalam hal itu, aku pun terus mencoba belajar dan mengembangkan diri.

4. Ngeblog pangkal peluang

Bagiku ngeblog ternyata berdampak langsung ataupun tidak dalam mendatangkan kesempatan dan peluang. Misalnya, selama dua tahun terakhir lebih dari 30 tulisanku yang memenangkan kompetisi blog atau menulis.

Bukan hanya itu. Dari tulisanku, ada yang akhirnya diangkat menjadi iklan layanan masyarakat oleh sebuah perusahaan farmasi pada tahun yang lalu. Menariknya, aku pun turut mengambil peran pada iklan layanan masyarakat tersebut.

Kemudian, pernah berkesempatan berkunjung ke beberapa daerah yang belum pernah kukunjungi sebelumnya. Dan seluruh biaya perjalanan dan akomodasi ditanggung oleh penyelenggara. Keringat pun terbayar sudah.

IMG_20180913_030216_085

Nah, yang satu ini pun tidak kalah menarik. Aku juga pernah diundang menjadi narasumber dan trainer menulis di beberapa tempat. Misalnya yang paling berkesan ketika narasumber di sebuah radio swasta di Bekasi.

5. Ngeblog pangkal pertemanan dan komunitas

Pepatah berkata ” Seribu Teman Terlalu Sedikit, Satu Musuh Terlalu Banyak”. Maka bagiku, ngeblog adalah sarana untuk memperluas pertemanan dan komunitas.

Faktanya, setelah aktif ngeblog, ternyata temanku di dunia nyata dan di dunia maya seperti media sosial semakin bertambah banyak. Kehadiran teman tersebut tentu menjadi inspirasi dan motivasi untuk lebih baik lagi.

Begitu pula dengan komunitas yang pernah kuikuti. Telah banyak memberikan manfaat untuk mengembangkan diri dan memberi berbagai peluang bagiku dalam ngeblog. Setidaknya ada banyak kegiatan kopdar dari komunitas tersebut yang pernah kuikuti, misalnya Kompasianer, Indonesia Social Bloggerpreneur, BloMil, Blog Crony, dan yang lainnya.

20170812_150829

Rekan-rekan pembaca, itulah 5 manfaat ngeblog yang pernah kurasakan. Berharap di waktu mendatang, semakin banyak pengalaman lain yang dapat kubagikan.

Salam sukses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s