Cara Cerdas Kerja Sampingan di Era Digital

Screenshot_2018-12-29-10-32-53-1

Pernahkah mengalami masalah ini?

Baru gajian, tapi seminggu kemudian sudah ludes. Kemudian, berjuang mengetatkan ikat pinggang hingga memangkas berbagai pengeluaran untuk kebutuhan. Atau mungkin sedang menunggak berbagai kewajiban seperti cicilan rumah, sepeda motor atau yang lainnya.

Belum lagi kalau masalah itu sudah menjadi siklus dalam kehidupan. Tentu semakin runyam.

Itu artinya, Anda sedang bermasalah dengan keuangan.

Mungkin saja ini sebagai sinyal bahwa pemasukan sudah tidak mencukupi lagi untuk memenuhi keperluan sehari-hari karena hidup memang semakin kompleks. Kebutuhan terus meningkat, sementara penghasilan cenderung tetap. Jadi bukan semata karena “besar pasak dari tiang”.

Atau hal itu bisa juga dipicu karena Anda gagal mengatur keuangan. Misalnya karena gaya hidup yang berubah menyusul jabatan yang semakin tinggi, komunitas yang begitu kuat memengaruhi, atau karena pindah ke pemukiman yang memiliki kelas ekonomi yang lebih tinggi. Sehingga hidup semakin boros, konsumtif atau lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan.

Kalau begitu, kira-kira apa yang harus dilakukan?

Segera aja “action”! segera diselesaikan. Jangan biarkan masalah itu berlarut-larut hingga mengakibatkan aktivitas kehidupan terganggu.

Pertama. Bagi mereka yang mengalami permasalahan keuangan karena hidupnya boros, bijaksanalah dalam mengelola keuangan. Artinya, harus benar-benar membuat perencanaan keuangan di awal.  Mengawasinya dengan ketat serta memegang prinsip yang kuat. Bukan semata mampu membedakan mana kewajiban, kebutuhan dan keinginan. Tapi harus mampu bertindak dan memutuskan bahwa kewajiban dan kebutuhan  adalah prioritas. Sementara untuk urusan keinginan, berani mengatakan tidak sama sekali atau ditunda dulu.

Kedua. Jika akar masalahnya adalah karena penghasilan yang pas-pasan, mulailah mencari kerja sampingan untuk menambah pemasukan bagi keuangan Anda. Sehingga keuangan dapat lebih stabil dan kokoh.

Nah, untuk tulisan ini sendiri akan lebih banyak membahas poin yang kedua. Ketika masalah keuangan itu ditimbulkan oleh penghasilan yang sudah tidak sesuai dengan kebutuhan yang terus meningkat. Satu-satu jalan yang harus ditempuh adalah mencari penghasilan tambahan dengan kerja sampingan.

Tapi yang perlu disiapkan itu mental. Sebab mencari kerja sampingan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Di samping karena persaingannya yang ketat, kerja sampingan pun butuh strategi dan ketrampilan khusus agar hasilnya maksimal.

Ketika ingin memulai mencari kerja sampingan, sering kali yang menjadi pertanyaannya, “Bagaimana saya harus memulainya?” dan “Pekerjaan sampingan apa yang cocok dengan saya?”

Untuk itu, kenali potensi dan minat Anda. Temukan kekuatan dan kelemahan dalam diri. Kemudian tetapkan kerja sampingan Anda berdasarkan hal tersebut. Hal ini menjadi penting agar kerja sampingan tersebut dapat menghasilkan lebih maksimal.

Nah kalau sudah berurusan dengan peluang atau tantangan apa yang menjadi trend akhir-akhir ini, saatnya Anda harus banyak berdiskusi dengan orang lain yang memiliki pengalaman memiliki kerja sampingan atau Anda bisa juga sering-sering membaca referensi.

Salah satu referensi yang penulis sarankan, sering-seringlah mampir di MoneySmart. Sebuah portal finansial terbesar dan terpercaya saat ini di Indonesia. Di portal tersebut Anda akan menemukan berbagai konten kreatif dan inspiratif sebagai sebuah solusi.

Untitled
Sumber : https://www.moneysmart.id/category/earn-money/inspirasi/

Pada portal tersebut, Anda akan menemukan topik-topik yang berkaitan dengan #CaraCerdasDenganUangmu seperti Earn Money yang meliputi bisnis, karir, kerja sampingan dan inspirasi. Smart Money yang meliputi berita, investasi, tabungan, budgeting, dan asuransi. Borrow Money yang meliputi pinjaman, kartu kredit dan utang. Serta topik Life Style yang meliputi belanja, kuliner, kuliner dan travel, otomotif, hunian dan ragam.

Kerja Sampingan Ala Money Smart

Kembali kita bahas tentang kerja sampingan. Setelah membaca portal Money Smart, saya pun menemukan beberapa tips penting untuk rekan pembaca yang ingin memulai atau pun bagi yang sudah memiliki kerja sampingan tapi ingin meningkatkan lebih maksimal lagi di tahun 2019.

Untitled2

Cari kerja sampingan yang bisa dikerjakan secara online

Namanya juga kerja sampingan. Kalau memang gak memungkinkan buat bekerja di tempat lain lagi, maka coba cari kerja sampingan online. Misalnya, kalau memang punya bakat bisa dijual secara online maka coba itu aja dulu. Anda bisa menjual produk sendiri ataupun jadi reseller (sumber)

Pilih pekerjaan sampingan sesuai spesialisasi

Ketika Anda ingin menentukan pekerjaan sampingan apa yang bakal Anda lakoni ke depan. Maka ada baiknya untuk menjalankan pekerjaan yang memang sesuai dengan spesialisasi Anda saja. Selain lebih menguntungkan, memiliki pekerjaan sampingan berdasarkan spesialisasi juga gak akan terasa berat kok. (sumber)

Sabar dan bangun reputasi pelan-pelan

Butuh kesabaran buat menikmati hasil menjalani kerja sampingan tersebut. Awal-awal baru mulai, itu emang ujian banget buat Anda. Gimana gak? Bisa aja sebulan kamu gak dapat proyek atau uang. (sumber)

Atau barangkali dengan menyaksikan video berikut akan memberikan sebuah insight bagi pembaca.

Kerja Sampingan Ala Saya

Sejak lahirnya anak kembar kami tahun 2009, kami merasakan betapa susahnya mencari pengasuh bayi. Akhirnya keputusan terberat pun harus kami pilih. Istri berhenti bekerja. Sebagai seorang guru dengan tiga orang anak tentu hal itu mulai berdampak pada keuangan keluarga. Budget untuk membeli susu dan makanan tambahan bayi kembar kami semakin membengkak. Untuk itu, saya memutuskan untuk mencari kerjaan sampingan.

Pada waktu itu, pilihan saya jatuh pada kerja sampingan yang tidak jauh dari profesi saya sebagai guru. Mengajar. Bermodal puluhan tahun pernah mengajar siswa SMA yang mau tes masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), maka saya memilih mengajar les pada sore hingga malam hari bagi siswa yang mau ikut tes SNMPTN (sekarang SMBPTN).

Selain mengajar les, saya dan istri juga membangun bisnis produk kesehatan. Bisnis tersebut sangat menjanjikan dan berkembang pesat. Hanya kendalanya, saya pun harus banyak keluar rumah dan pulang malam. Dengan kondisi anak yang yang masih kecil, tentu mereka butuh perhatian ekstra. Akhirnya tahun 2014 kami memutuskan tidak melanjutkannya lagi. Mulai memikirkan kerja sampingan yang bisa dikerjakan di rumah saja.

Ternyata antara potensi yang saya miliki bertemu jodohnya yakni peluang. Kemampuan menulis yang saya miliki, saya asah kembali. Alasannya jelas, bahwa peluang untuk penulis di era digital ternyata semakin terbuka lebar. Saya bukan futurolog seperti Alvin Toffler, tapi setidaknya, empat tahun lalu saya sudah bisa membayangkan peluang menjadi seorang narablog (blogger) sangat dibutuhkan di era internet dan era digital seperti sekarang.

Empat tahun sudah menjalani hobi sebagai penulis, narablog, ternyata dapat dijadikan sebagai kerja sampingan.  Tidak perlu kuatir. Hasil tidak pernah menghkhianati usaha. Kalau kita memiliki potensi dan dikembangkan dengan maksimal, maka akan dapat berhasil koq.

Dengan kemampuan yang menulis yang saya miliki, setidaknya dari tahun 2014-2018 sudah ada lebih kurang 50 tulisan saya yang memenangkan lomba. Hadiahnya juga lumayan menjanjikan sebagai kerja sampingan, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta untuk sekali menang lomba.

This slideshow requires JavaScript.

Disamping dari menang lomba menulis, ternyata ada juga pelung lain yang bisa didapatkan dari menulis, misalnya melakukan review dan endorse produk, hingga mendapatkan kesempatan menjadi nara sumber di beberapa pelatihan menulis.

Dari pengalaman tersebut, maka sependapat kalau kerja sampingan tersebut lahir dari hobi dan potensi yang kita miliki. Disamping karena bisa menikmatinya, kita pun bisa maksimal mengerjakannya.

Nah, sekarang tugas Anda mencari, kerja sampingan apa yang tepat buat Anda. Bagaimana strategi yang tepat untuk mengembangkannya. Semoga dengan tulisan singkat ini dapat mencerahkan dan menjadi inspirasi. Salam Sukses.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s